Rekor MURI pada Malam Puncak 50 Tahun UIN Jakarta

Jakarta (01/07) – Panitia HUT ke 50 (30/06/2007) menutup rangkaian acara HUT 50 UIN Syaraif Hidayatullah Jakarta di Auditorium Utama dengan sangat meriah. Malam yang turut dimeriahkan dengan pemecahan rekor dunia tersebut dihadiri oleh Rektor UIN Jakarta beserta Purek, Senat, Karyawan, Mahasiswa, sesepuh UIN Jakarta dan para undangan kehormatan. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Komarudin Hidayat, MA. menyampaikan peneguhan kembali cita-cita UIN Jakarta untuk menuju International Class University. Serta refleksi perjalanan UIN Jakarta dari ADIA-IAIN-UIN.

Malam puncak yang mengusung tema “Festival Seni Budaya” tersebut juga menorehkan sejarah baru dalam rekor dunia. Rekor pertama adalah pembacaan 50 skripsi, oleh 50 calon wisudawan/i, dalam waktu 50 jam sebagai kado untuk HUT UIN Jakarta yang ke 50. Sedangkan rekor kedua adalah menulis ulang skripsi berbahasa Arab dengan ukuran terkecil di dunia yaitu, 5 X 8 cm.

Rekor pertama diberikan kepada UIN Jakarta yang diwakili oleh Rektor UIN Jakarta, dan Rekor kedua diberikan kepada penulis, sekaligus calon wisudawan, Sahabat Sholla Taufiq. Rekor yang dicatat oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai rekor dunia tersebut diberikan langsung oleh Ketua MURI, Jaya Suprana. Usai memberikan Piagam Penghargaan, Jaya Suprana pun menerima hadiah dari Rektor UIN Jakarta, skripsi bahasa Arab terkecil di dunia yang baru saja dipecahkan rekornya oleh Sahabat Taufiq menjadi kado istimewanya. Dengan harapan mudah-mudahan pak Jaya Suprana mau belajar bahasa Arab, tutur Rektor yang segera disambut tepuk tangan para tamu undangan.

Acara semakin menegangkan ketika panitia mengumumkan hasil-hasil perlombaan yang diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT UIN ke 50. Diantaranya adalah lomba Karya Tulis Ilmiah, Tumpeng, Jalan Sehat, dll. Lomba Karya Tulis Ilmiah dimenangkan oleh mahasiswi dari UIN Pakanbaru Riau sebagai juara pertama, disusul mahasiswa dari UIN Yogyakarta, dan pada juara tiga ditemparti oleh mahasiswi UIN Jakarta.

Acara dimeriahkan oleh beberapa band lokal dan UKM-UKM di lingkungan UIN Jakarta. Acara puncak yang juga menghadirkan para pedagang bakmi, menggratiskan dagangannya sesuai dengan pesanan panitia. Acara berakhir pada pukul 12.00 WIB dan ditutup dengan bacaan Hamdalah oleh MC.