Ikut Try Out SPMB Mandiri UIN Jakarta? Siapa Takut

Jakarta (09/07) – Bersikap biasa, mungkin itulah raut wajah para peserta Bimbingan Tes SPMB Mandiri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, mendekati kegiatan try out yang dilaksanakan di Taman Pulo Situ Gintung oleh panitia pusat Bimbingan Tes (Bimtes) PMII Cabang Ciputat, kemarin (08/07). Kegiatan yang rencananya akan dimulai pukul 09.00 WIB tersebut sempat ngaret beberapa jam, hal ini disebabkan oleh terlambatnya distribusi soal tes dari panitia pusat kepada panitia Komisariat. Namun hal itu dapat diantisipasi oleh panitia pusat dengan memberikan sedikit hiburan kepada para peserta.

Peserta try out yang mencapai angka 600 peserta tersebut sempat membuat sibuk panitia pusat. Beruntung panitia dari masing-masing Komisariat turut membantu jalannya kegiatan try out tersebut, baik dalam pengaturan posisi tempat, hingga pembagian soal dan pengawasannya.

Try out yang mencoba menyajikan prediksi soal-soal yang akan keluar pada SPMB Mandiri UIN Syarif Hidayatullah Jakarta nanti, diharapkan dapat mengukur dan membantu para peserta try out dalam menguasai materi soal. Setelah mereka mengikuti Bimbingan Tes selama 2 hari berturut-turut, diharapkan dapat memahami karakter soal yang keluar pada try out nanti, tambah Sahabat Amin, selaku panitia pusat.

Setelah kemarin kita coba memfasilitasi pembahasan soal-soal tes, saatnya kali ini para peserta kita tes, seberapa jauh kemampuan mereka dalam menguasai soal-soal yang kemarin telah kita bahas bersama. Pembahasan soal yang telah dilewati, mudah-mudahan dapat membantu peserta untuk dapat menjawab soal-soal try out kali ini, serta memberikan gambaran yang jelas mengenai karakter soal yang mungkin akan keluar pada SPMB Mandiri nanti, tutur ketua panitia Bimtes PMII Komisariat Fakultas Syariah dan Hukum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (KOMFAKSYAHUM), Sahabat Hamdi Humaidi.

Hasil try out yang sedianya akan segera dikoreksi dan dibagikan kembali pada peserta, mudah-mudahan mencapai hasil maksimal. Mengingat banyak para peserta try out yang belum memahami benar soal-soal yang sekiranya nanti akan keluar pada SPMB Mandiri. Oleh karena itu, try out kali ini sengaja kita adakan untuk memberikan gambaran soal-soal, yang mungkin bisa dijadikan acuan untuk belajar dalam menghadapi SPMB Mandiri nanti, Selasa-Rabu (10/07).

Pelaksanaan try out dimulai pukul 09.30 s/d 11.30 WIB (120 menit) dengan 150 soal pilihan ganda. Soal-soal tersebut terdiri dari soal Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, Ekonomi, Sejarah, Pengetahuan Agama Islam, Sejarah Peradaban Islam, Fikih, Ilmu Hadits, Ilmu al-Qur’an, Akidah-Akhlak, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia dan Pengetahuan Umum lainnya.

Peserta 3 terbaik akan diberikan kenang-kenangan atau cinderamata sewajarnya. Mudah-mudahan ini juga dapat memacu peningkatan prestasi para peserta, tambah Sahabat Adib, panitia dari PMII KOMFAKSYAHUM.

Usai pelaksanaan try out para peserta diberikan gambaran tentang segala kegiatan yang ada di kampus, secara luas maupun lebih sempit di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada acara tersebut, panitia pusat juga memberikan waktu kepada para pejabat eksekutif mahasiswa, dalam hal ini adalah jajaran Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk memberikan orasi gerakan mahasiswa. Terlibat Sahabat Sukron Jamal, Presiden Mahasiswa. Sahabat Sahirin, Ketua Umum PMII Ciputat, dan banyak para jajaran kabinet Biru Pembaharu BEM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara diakhiri dengan pembacaan dan pemberian kenang-kenangan kepada masing-masing 3 peserta terbaik try out dan tes TOEFL dan TOAFL di masing-masing Komisariat. Di KOMFAKSYAHUM, 3 terbaik try out jatuh pada: 1. Sahabat Saifullah, 2. Sahabat Mutia, 3. Sahabat Tuti, dan 3 terbaik dalam ujian TOAFL dan TOEFL adalah: 1. Muhajir, 2. Kurnia, 3. Melani.

Masing-masing mendapatkan kenang-kenangan dari panitia. Secara simbolis, kenang-kenangan diberikan oleh para Pengurus Komisariat PMII FSH, Sahabat Amin Mustofa, Sahabat Hamdi Humaidi, dan Sahabat Shihabudin. Acara ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh sahabat Empoy, dari PMII Komisariat Fakultas Adab dan Humaniora UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (KOMFAKA) Cabang Ciputat. (Nury)

8 thoughts on “Ikut Try Out SPMB Mandiri UIN Jakarta? Siapa Takut”

Komentar ditutup.