Tim UIN Jakarta Raih Juara Ketiga Debat Bahasa Arab ASEAN

Negeri Sembilan (18/07) – Gelar juara I yang pernah diraih oleh tim debat UIN Syarif HIdayatullah Jakarta pada perlombaan debat bahasa Arab tingkat ASEAN pada tahun lalu, dengan sangat terpaksa posisi itu harus rela diberikan kepada tim debat dari Universitas Islam Antarbangsa Malaysia (UIAM). Tim asal UIN Jakarta harus puas pada posisi juara ketiga. Keputusan itu dibacakan oleh tim juri yang terdiri di antaranya Dr. Ahmad Sayuti Nasution, MA dan Dr. H. Ahmad Mukri Aji, masing-masing berasal dari UIN Jakarta, pada 22 Juli di Stadion Terbuka Nilai, Universitas Sains Islam Malaysia (USIM) Negeri Sembilan Malaysia.

Tim debat asal UIN Jakarta yang terdiri dari dua tim itu dibagi atas tim A dan tim B. Dari kedua tim yang lolos masuk semi final hanya tim B, sementara tim A sedari awal harus mengaku kalah dari tim debat asal negara lain.

Tim B itu terdiri dari Hiznu Sobar (mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan/FITK), Devita Zuliati (FITK), Abdul Halim Mahmudi (Fakultas Syariah dan Hukum/FSH), dan Lesmi Cahayani (Fakultas Dirasat Islamiyah/FDI). Tim A terdiri dari Fajrianti Aljabhati (FDI), Muhammad Furkan (FDI), Yanuarti Nurida Zusmayanti dan Niwari masing-masing mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH).
Kedua tim itu didampingi para dosen, di antaranya Sairoji Dimyati, Ummu Hannah (FSH), dan Ali Hasan Bahar (FAH).

Kekalahan ini sejak awal dikhawatirkan Dekan FDI, Dr Masri Abidin el Mahsyar. Seperti yang pernah diberitakan UINJKT Online pada 18 Juli lalu, pihaknya mengaku pesimis tim UIN Jakarta akan kembali memenangkan kejuaran lomba debat bahasa Arab itu. Pasalnya, persiapan dan pelatihan yang dilakukan menjelang perlombaan kurang maksimal.

“Waktu persiapan untuk perlombaan itu hanya dilakukan kurang lebih selama tiga minggu, termasuk rekrutmen dan pelatihan peserta. Persiapan itu sangat sempit waktunya terhitung sejak informasi tentang jadwal perlombaan itu kami terima dari Malaysia ,” katanya.

Kekhawatiran itu terbukti dengan jatuhnya posisi tim UIN Jakarta dari sebelumnya yang berada di peringkat pertama pada perlombaan tahun ini hanya menjadi ketiga. Dari prestasi itu, tim mendapat hadiah berupa uang tunai sebesar RM 1000 atau sekitar Rp. 2.700.000, piagam, dan tropi.

Kekalahan tim UIN Jakarta merupakan pertama kali selama mengikuti perlombaan debat bahasa Arab se-ASEAN. Sejak pertama kali mengikuti lomba bertaraf internasional ini pada 26 Februari 2006, dua tim asal UIN Jakarta berhasil mengalahkan tim juara bertahan dua kali berturut-turut asal UIAM.

Debat didesain dalam posisi pro dan kontra di antara kedua kelompok. Materi yang diperdebatkan seputar isu-isu tentang Asia Tenggara, Islam, dan peran yang seharusnya dimainkan oleh negara-negara ASEAN di dunia internasional. Lomba debat itu diikuti oleh sedikitnya 20 tim yang berasal dari empat negara, yaitu Indonesia , Malaysia , Singapura, dan Thailand.

Perwakilan negara Indonesia berasal dari UIN Jakarta dan UIN Malang. Masing-masing membawa dua tim yang terdiri dari delapan orang peserta debat, dipandu oleh para dosen dari setiap universitasnya.

Sumber: http://www.uinjkt.ac.id

One thought on “Tim UIN Jakarta Raih Juara Ketiga Debat Bahasa Arab ASEAN”

Komentar ditutup.