Rombongan Menteri Datangi Lokasi Gempa

Jakarta (13/09) – Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie bersama Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah, Menteri Komunikasi dan Informatika Muhammad Nuh, dan Menteri Perhubungan Jusman Syafei Jamal melihat langsung lokasi gempa di Bengkulu, Kamis (13/9). Kedatangan rombongan ini juga untuk memantau proses evakuasi dan penanggulangan korban bencana.

Setibanya di Bengkulu, Menko Kesra segera menyerahkan bantuan logistik berupa satu ton obat-obatan dan empat ton makanan siap saji. Ia juga menyumbang Rp 50 juta yang diserahkan kepada Wakil Gubernur Bengkulu H.M. Syamlan. Dalam kesempatan tersebut, Menko Kesra berjanji setiap bantuan yang diberikan pemerintah kepada para korban tak akan mengalami hambatan.

Sementara itu, menurut data Badan Koordinasi Nasional (Bakornas) Penanganan Bencana, tercatat 32 rumah roboh, 477 rumah mengalami rusak berat dan 726 rusak ringan akibat gempa di Bengkulu. Selain logistik, pihak Bakornas mengatakan bantuan yang diperlukan para pengungsi saat ini adalah sarana dan prasarana.

Menanggapi gempa yang melanda pantai barat Sumatra sejak kemarin petang, Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, pemerintah sudah menerima laporan korban dan kerugian yang terjadi akibat gempa. Wapres menambahkan, upaya koordinasi serta pengiriman bantuan sudah dilakukan. “Saya sudah berbicara dengan Wagub Bengkulu, Gubernur Sumatra Barat Gamawan Fauzi, dan Gubernur Sumatra Selatan Syahrial Oesman,” tutur Kalla dalam jumpa pers di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, siang tadi. (AM Hasan/Lip.6)