Kampus UI Miliki Jalur Khusus Sepeda Pertama di Indonesia

Depok (05/01) – Pembangunan jalur khusus sepeda di lingkungan Universitas Indonesia (UI) Depok sudah dikerjakan sekitar 50 persen, dan peresmiannya akan dilaksanakan tepat 100 hari kepemimpinan Prof Gumilar R Soemantri menjadi rektor yaitu pada Maret 2008. “Jalur sepeda ini merupakan pertama di Indonesia, khususnya di dalam lingkungan kampus,” kata Rektor UI, Prof Gumilar Rusliwa Somantri, kepada ANTARA, di Depok, Selasa.

Dikatakannya, jalur sepeda ini dibuat dengan konsep “green campus and world class campus” (kampus hijau yang bertaraf internasional). “Program ini juga merupakan bukti kita dalam menyelesaikan permasalahan terkait dengan isu `global warming` (pemanasan global).

Menurut dia, jalur sepeda tersebut sampai saat ini pengerjaannya sudah mencapai sekitar 50 persen. Selanjutnya pada bulan depan akan diresmikan penggunaannya. “Sejumlah pihak seperti perusahaan, industri dan sebagainya sudah mendukung program ini,” katanya.

Jalur sepeda itu, kata dia, nantinya akan dilengkapi dengan stasiun, pos, tampat parkir, “water contain” (pengisian air minum), dan sepeda disiapkan sekitar 1.000 unit. “Sepeda itu `free of charge` (gratis). Jadi mahasiswa menggunakan sepeda dengan `smart card`. Dia dapat berhenti di halte tertentu dan bisa ganti sepeda,” katanya.

Lebih lanjut mantan Dekan Fisip UI itu menjelaskan jalur sepeda sangat penting untuk menerapkan pola hidup sehat di kalangan mahasiswa dan dosen. “Polusi udara sudah terlalu berbahaya, UI mencoba melakukan pola hidup sehat seperti yang sudah dilakukan beberapa kampus di luar negeri,” katanya.

Sumber: http://www.antara.co.id

2 thoughts on “Kampus UI Miliki Jalur Khusus Sepeda Pertama di Indonesia”

  1. iya…
    bagus itu sahabat, selain untuk mengurangi polusi biar kita juga sehat soalnya kita jadi sering jalan kaki atau naik sepeda. jantung ikut terpompa…

    salam pergerakan
    wallahul muwaffieq ilaa aqwamith thorieq

    anton (pascakom pmii unmer malang)

    antown.blogspot.com

  2. Assalamualaikum. saya sahabat dari PMII 1011 (ITS).
    wah bagus banget tuh membudayakan tanpa polusi. alamat komisariat ini dimana? Insyaalloh kalau saya lagi kerja praktek di jakarta ntar q pingin kunjung ke sana. tolng bls di alamat e-mail ku ya, n kalo boleh sama kontak person-nya. salam pergerakan sahabat

Komentar ditutup.