Bank Syariah; Teori, Praktik dan Peranannya

Peresensi: Ach. Bakhrul Muchtasib
Judul Buku: Bank Syariah; Teori, Praktik dan Peranannya
Penulis: Karnaen A. Perwataatmadja dan Hendri Tanjung
Penerbit: Celestial Publishing
Cetakan: Pertama, September 2007
Tebal Buku: 304 Halaman

Buku ini merupakan satu dari sekian buku yang membahas tentang bank syariah yang sudah mulai banyak bermunculan. Khazanah keilmuan yang berkaitan dengan perbankan syariah sedikit demi sedikit semakin jelas dan semakin terkuak perbandingannya dengan perbankan konvensional.

Penulis dalam buku ini telah memaparkan dari mulai sisi teori, praktik, perkembangan serta prospek perbankan syariah. Dengan jelas penulis memberikan uraian fungsi bank syariah sebagai lembaga keuangan dan peranannya dalam kegiatan ekonomi. Begitupun, penulis mencoba memaparkan bagaimana bank syariah dapat berperan mengatasi masalah ekonomi seperti stagnasi, inflasi, dan ketimpangan ekonomi. Tidak luput dari pembahasan buku ini adalah masalah bunga/riba dan dampaknya dalam kegiatan ekonomi, bagaimana bank syariah, teori dan kebijakan sistem moneter, dan perkembangan perbankan syariah di dunia, diuraikan secara rinci, menarik dan langsung pada sasaran dari pokok masalahnya.

Awal dari pembahasan buku ini menjelaskan tentang bunga bank dan kaitannya dengan riba. Bunga yang merupakan inti dari praktek ekonomi kapitalis adalah riba yang menjadi larangan agama Islam. Berbeda dengan penjelasan bunga/riba pada buku umumnya, penulis telah mensajikan penjelasan bunga/riba tidak hanya dari tataran dogma agama, tetapi secara rasional telah memaparkan sifat dasar dari bunga yang memiliki dampak negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan ekonomi masyarakat. Dalam sistem perekonomian makro bunga memiliki kaitan erat dengan krisis ekonomi. Praktek pembungaan uang telah memicu terjadinya krisis ekonomi global dengan rinci telah dijelaskan dalam buku ini.

Teori dan praktek perbankan syariah dipadukan dalam penjelasan buku ini, sehingga menjadi bahan bacaan yang sangat menarik. Masalah-masalah umum bank syariah telah dipaparkan kemudian diberikan solusinya. Bagaimana bank syariah harus meningkatkan layanan dan kualitasnya menjadi bagian dari pembahasan buku ini. Bank syariah yang berkualitas bukan hanya sekedar keharusan tapi merupakan kebutuhan.

Praktek perbankan syariah yang menggunakan sistem revenue sharing dan profit loss sharing diuraikan dengan memaparkan perbandingan antara kedua sistem dari sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing sistem. Dalam buku ini menjelaskan bahwa karakteristik dasar sistem perbankan syariah adalah profit loss sharing, seperti halnya dalam praktek ekonomi yang pernah dijalankan oleh Rasulullah Saw. Tetapi secara obyektif dijelaskan pula sisi kelemahannya ketika dipraktekkan dalam bank syariah.

Perkembangan perbankan syariah di dunia internasional menjadi bagian pengisi dari lembaran-lembaran penjelasan buku ini. Bagaimana dunia saat ini membutuhkan bank syariah dengan berbagai persoalan yang terjadi telah digambarkan secara singkat. Perkembangan bank syariah internasional dan tantangan yang dihadapi dalam kompetisi global dijelaskan dengan apik. Permasalahan regulasi yang sering kali membelenggu praktek perbankan syariah diberikan solusinya dengan memberikan contoh praktek bank syariah di Malaysia.

Dari uraian terakhir buku ini memaparkan tentang Islamic Development Bank (IDB) yang berkaitan dengan fungsi dan peranannya serta hubungannya dengan Indonesia. Secara gamblang IDB dan seluk-beluknya dijelaskan dalam buku ini sesuai dengan pengalaman penulis yang pernah berkecimpung dan menjabat sebagai Direktur Eksekutif di IDB.

Buku ini telah memberikan pencerahan bagi pembaca tentang ekonomi syariah, perbankan syariah dengan perbandingan secara praktek dari perbankan konvensional. Keadilan praktek lembaga keuangan syariah –ekonomi Islam– dijelaskan secara argumentatif, tidak hanya sekedar normatif.

Buku ini layak dibaca dan perlu. Kehadirannya akan mampu menjawab kegamangan-kegamangan masyarakat yang selama ini mempertanyakan sistem ekonomi Islam, khususnya perbankan syariah.

* Staff Ahli Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES)

Sumber: http://www.pkesinteraktif.com