Menggali Akar Mengurai Serat Ekonomi dan Keuangan Islam

Peresensi: Ach. Bakhrul Muchtasib
Judul Buku: Menggali Akar Mengurai Serat Ekonomi dan Keuangan Islam
Penulis: Prof. Dr. Drs. H.M. Amin Suma, SH., MA., MM
Penerbit: Kholam Publishing
Cetakan: Pertama, Februari 2008
Tebal Buku: 456 Halaman

Buku ini terdiri dari 11 (sebelas) Bab yang menguraikan secara terperinci ilmu ekonomi dan keuangan syariah. Mulai pembahasan dari sisi yang cukup mendasar tentang Pengantar Ilmu Ekonomi dan Keuangan Syariah, kemudian pada bagian selanjutnya memaparkan Asal-usul, Pengertian dan Sejarah Ekonomi Islam.

Selanjutnya, pada Bab per Bab secara berurutan menjelaskan Aktivitas Ekonomi dan Sarana Instrumennya, Madzhab Ekonomi, Mikro dan Makro Ekonomi Syariah, Uang dan Lembaga Keuangan Syariah, Usaha Ekonomi dan Kehartabendaan dalam Islam, Etika Bisnis dalam Islam, Pemberlakuan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia. Kemudian berakhir pada pembahasan yang mencoba menguraikan Prospek Ekonomi dan Keuangan Islam, baik di Indonesia maupun negara-negara di dunia.

Dari penulis buku ini, M. Amin Suma, mencoba menjelaskan secara komprehensif ekonomi syariah dari berbagai sudut pandang. Penjelasan yang memberikan perpaduan antara konsep, teori dan penerapannya dilapangan yang didasarkan pada norma dan hukum Islam yang bersumber pada al-Qur’an dan al-Hadist. Sesuai dengan keahlian penulis yang menguasai/memahami secara mendalam kandungan al-Qur’an, teori-teori ekonomi yang sudah berkembang diberikan landasan secara argumentatif dalil-dalil al-Qur’an.

Sedikit berbeda dengan buku-buku ekonomi dan keuangan Islam pada umumnya adalah sumber penulisan yang didasarkan pada literatur aslinya dari pemikiran-pemikiran ekonomi Islam oleh para ulama terdahulu dan sekarang, sehingga dapat mensajikan pemikiran mereka tanpa berpotensi adanya pengkaburan pemikiran.

Disamping itu, cukup menarik membaca buku ini adalah sajian runtutan sejarah/peristiwa yang berkaitan dengan praktek kegiatan berekonomi masyarakat muslim terdahulu yang dapat dipadupadankan dengan teori ekonomi yang sudah lama berkembang. Paling tidak sedikit menjawab bahwa sistem ekonomi Islam dari sisi prakteknya dapat ditelusuri jauh lebih lama dari beberapa praktek ekonomi konvensional. Dan, menjadi khazanah baru dari sisi ilmu ekonomi dan keuangan Islam pensajian penulisan buku ini mampu memetakan pemikiran-pemikiran ekonomi Islam dengan perbandingan pemikiran-pemikiran ekonomi konvensional.

Namun, banyak kesamaan dengan buku-buku ekonomi Islam lainnya, tidak terlihat pemikiran-pemikiran penulis untuk menghiasi lembaran-lembaran penulisan buku ini. Terkesan hanya sekedar mensajikan pemikiran-pemikiran orang lain yang dideskripsikan kembali, yang tidak berbeda dengan buku ekonomi Islam pada umumnya dari pemikir-pemikir di Indonesia. Wacana baru tentang ekonomi Islam dari hasil pemikiran penulis belum muncul secara utuh. Keahlian penulis dalam bidang fiqh, ushul fiqh –terutama berkatian dengan fiqh muamalah– dan kemampuan pemahaman al-Qur’an dan al-Hadist belum tereksplorasi secara mendalam dalam buku ini.

Secara umum buku Menggali Akar, Mengurai Serat Ekonomi dan Keuangan Islam layak dan sangat dianjurkan untuk dibaca dan menjadi referensi Ilmu Ekonomi Islam, baik untuk para ahli ekonomi Islam maupun para mahasiswa yang sedang belajar tentang ekonomi Islam. Begitupun, bagi masyarakat umum buku ini bisa dijadikan sebagai rujukan bacaan untuk memahami ekonomi Islam secara mendalam. Karena, gaya penulisan dan sajiannya dengan bahasa-bahasa yang sederhana, ringan dan lugas cukup mudah dimengerti dan enak dibaca. Sehingga tidak memberatkan pembaca untuk memahami isi kandungan buku ini. Tidak seperti buku-buku ekonomi lain yang cukup berat mensajikan teori-teori ekonomi. Wallahua’lam bissawab!

* Staff Ahli Pusat Komunikasi Ekonomi Syariah (PKES)

Sumber: http://www.pkesinteraktif.com

One thought on “Menggali Akar Mengurai Serat Ekonomi dan Keuangan Islam”

Komentar ditutup.