Pemerintah Alokasikan Rp200 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa

Jakarta (27/05) – Pemerintah memutuskan untuk memberikan dana pendidikan (beasiswa) berupa Bantuan Khusus Mahasiswa (BKM) sebesar Rp200 miliar untuk 400 ribu mahasiswa tidak mampu sebagai kompensasi pengurangan subsidi BBM.

“Presiden meminta Menteri Keuangan untuk memindahkan dana dari pos subsidi BBM ke beasiswa atau BKM ini,” kata Menteri Pendidikan Nasional Bambang Soedibyo di Kantor Presiden Jakarta, Selasa.

Keputusan itu, lanjut Mendiknas, diambil karena Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melihat masih adanya asimetri dalam dana subsidi pendidikan.

“Untuk yang wajib belajar (sembilan tahun) telah ada BOS, sekolah menengah ada Bantuan Khusus Murid sedangkan mahasiswa belum ada,” katanya dan menambahkan bahwa kenaikan harga BBM secara tidak langsung juga akan mengakibatkan perubahan biaya hidup mahasiswa.

Menurut Mendiknas, dana BKM itu akan diberikan kepada 400 ribu mahasiswa tidak mampu di seluruh Indonesia dengan nilai Rp500 ribu per semester.

“Akan mulai diberikan pada semester ganjil 2008 atau sekitar bulan Juli dan akan diusulkan ke DPR untuk dilanjutkan selama dua semester kemudian pada 2009 sehingga total tiga semester,” katanya.

Mengenai mekanisme pembagiannya menurut Mendiknas akan diatur lebih lanjut dan diserahkan kepada masing-masing universitas.

“Di Indonesia ini total ada 83 universitas negeri dan 2700-an universitas swasta,…kriterianya yang tidak mampu tidak dibedakan mahasiswa di sekolah negeri ataupun swasta,” katanya.

Mendiknas mengatakan jumlah 400 ribu mahasiswa itu mewakili sekitar 8-11 persen mahasiswa aktif di Indonesia.

Sumber: http://www.antara.co.id

13 thoughts on “Pemerintah Alokasikan Rp200 Miliar untuk Beasiswa Mahasiswa”

  1. saya sangat tertarik pada beasiswa yang di tawarkan ini. saya ingin sekali mengajukan beasiswa ini. saya minta tolong agar pengumuman pembukaan beasiswa ini di kirim ke email saya beserta persyaratan yang harus dipenuhi.
    terima kasih

  2. terima kasih atas info ini,,,,saya ingin sekal;li mengikuti beasisawa tersebut…mohon kirimkan segala informasi mengenai hal tersebut secara lengkap ke email saya…terima kasih

  3. syarat dapat BKM apa saja? tolong kirimkan segala info tentang BKM maupun beasiswa yang lain ke email saya, terima kasih.

  4. acungan jempol dua, serta ucapan terima kasih banyak kepada Bpk. Presiden, yang telah mengambil langkah serta keputusan bagus dalam pemberian beasiswa kepada mahasiswa yang kurang mampu ! tolong kriteria persyaratan untuk dikirimkan kepada E-Mail Kami ini. Trims. Wassalam.

  5. trima kasih sebelumnya telah memikirkan nasib kami sebagai mahasiswa apalgi saya perantauan…mohon di kirimkan ke email saya..trima kasih n besar harapan saya untuk mendapatkan beasiswa ini

  6. sy mahasiswa unj smester 2, sy sangat berminat sekali dalam beasiswa ini. saya ingin tanya apa saja syarat-syaratnyadan pendaftaran terakhir tahu ini kapan? tolong kirimkan lewat email saya.

    terima kasih.

  7. tolonga kualau memang beasiswa itu ada segera di infokan karena bagi mahasiswa di daerah kami sangat memerlukan itu.maksh

  8. mohon informasikan kepada saya tentang beasiswa ini. tanggal berapa pendaftarannya?

  9. macet….
    pencairan pertama awal tahun ini……..
    sampe mau ganti tahun, belom juga ada kabarnya tentang pencairan ke-2 n ke-3……. padahal banyak kebutuhan buat skripsi……..
    mana janji manismu pak SBY…….

  10. beasiswa bkm, bnyak yg tdk tepat sasaran…ada mahasiswa yg sblumnya sudah mendapat beasiswa bbm justru mndapat beasiswa bkm lg…tmen2 sy ckp kaget stlah th ada nma mreka yg msuk dlm dftar nma2 pnrima bkm…mohon PEMERINTAH DLM HAL INI BENAR2 MEMILIKI DATA YANG AKURAT SEHINGGA DANA BKM SAMPAI KEPADA ORANG YANG TEPAT BUKAN SEBALIKNYA…MAKASIH ATAS PERHATIANNYA!
    WASSALAM…

Komentar ditutup.