Perpustakaan Syariah Tetapkan Biaya Kunjungan

Jakarta (28/05) – Pengelola perpustakaan Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menetapkan biaya kunjungan bagi setiap mahasiswa non FSH sebesar Rp.3.000 dan Rp.5.000 bagi pengunjung dari luar UIN Jakarta. Peraturan baru tersebut berlaku sejak pertengahan April lalu. Menurut Lilik, Kepala Urusan (Kaur) Perpustakaan FSH, kebijakan ini diambil guna membatasi membludaknya jumlah pengunjung.

“Terbatasnya kursi, sering membuat pengunjung perpustakaan harus rela duduk di lantai. Melihat kondisi ini, kami mencoba membuat kebijakan baru dengan mengenakan biaya bagi pengunjung non FSH”, papar Lilik kepada INSTITUT di ruang kerjanya.

Lilik menambahkan, tiap hari pengunjung Perpustakaan FSH mencapai 300 orang. Mereka terdiri dari dari mahasiswa FSH dan fakultas lain di UIN Jakarta. Selain itu banyak pula pengunjung dari kampus lain. Kelengkapan literatur menjadi salah satu alasan mengapa Perpustakaan FSH banyak dipilih mahasiswa.

Hal itu diakui Lindah, mahasiswa semester II Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK). “Saya sering berkunjung ke sini karena fasilitasnya lebih dibandingkan perpustakaan fakultas lain. Salah satunya literatur buku yang lebih lengkap,” tutur Lindah yang kebetulan sedang mencari buku referensi makalahnya.

Terkait dengan kebijakan baru itu, Lindah menyatakan ketidaksepakatannya. Menurut Lindah, itu bisa menghambat mahasiswa mencari akses informasi tugas perkuliahan. Begitu pula Mimih, mahasiswa semester IV Jurnalistik Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) ini mengaku terkejut saat ditarik biaya Rp.3.000. “Masa baca doang kena biaya,” tutur Mimih di ruang Perpustakaan FSH.

Di pihak lain, Asep, mahasiswa semester II FSH, mengaku sepakat dengan kebijakan tersebut. “Aku setuju saja, biar ada pemasukan buat beli buku baru lagi”, ucap Asep. Sementara Irvan, mahasiswa semester VI Perbankan Syariah FSH, mengaku belum mengetahui adanya peraturan baru tersebut.

Sumber: http://www.lpminstitut.com

One thought on “Perpustakaan Syariah Tetapkan Biaya Kunjungan”

Komentar ditutup.