Makna Filosofis PMII

​Makna Filosofi PMII

PMII adalah sebuah singkat dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, yang dimana, disetiap katanya mengandung makna dan arti yang mencerminkan anggota serta kader-kader di dalamya.

“Pergerakan” dalam hubungan dengan organisasi mahasiswa menuntut upaya sadar untuk membuna dan mengembangkan potensi ke-Tuhanan dan potensi ke-Manusian agar gehrak dinamika menuju tujuannya selalu berada didalam kualitas kehalifaannya.

“Mahasiswa” yang terkandung dalam PMII adalah golong generasi muda yang menuntut ilmu di perguruan tinggi yang mempunyai identitas diri.

Identitas diri mahasiswa terbangun oleh citra diri sebagai insan religius, insan akademis, insan sosial dan mandiri. Dari identitas diri mahasiswa tersebut terpantul tanggung jawab sosial masyarakat dan tanggung jawab individu baik sebagai hamba tuhan maupun sebagai warga bangsa dan negara.

“Islam” yang terkandung dalam PMII adalah islam sebagai agama yang dipoahami dengan paradigma “Ahlussunah Wak Jama’ah” yaitu konsep pendekatan terhadap ajara agama Islam secara proporsional antara iman, islam dan ihsan yang di dalam pola pikir dan pola perilakunya tercermin sifat-sifat selektif, akomodatif dan integratif.

“Indonesia” yang terkandung dalam PMII adalah masyarakat bangsa dan negara Indonesia yang mempunyai falsafah dan ideolagi bangsa (Pancasila) serta UUD 1945 dengan kesadaran kesatuan dan keutuhan bangsa serta negara yang terbentang dari Sabang sampai Merauke yang diikat dengan kesadaran wawasan Nusantara.

“Fauzan Alfas dalam bukunya PMII DALAM SIMPUL-SIMPUL SEJARAH”

Iklan