Nilai Dasar Pergerakan sebagai Kerangka Berfikir dan Landasan Berorganisasi

IMG-20181007-WA0001.jpg

Dalam rangkaian kegiatan pelaksanaan MAPABA PMII manapun ada beberapa materi wajib yang harus ada didalamnya, salah satunya adalah NDP (Nilai Dasar Pergerakan).

Pada hari Sabtu (06/10/2018) pukul 13.00 WIB, Sahabat Ade Syamsul Falah yang menjadi pemateri memparkan bahwa “Nilai, merupakan suatu hal dan harus kita fahami menjadi dasar, yakni harus terejawantahkan dalam diri,tingkah laku, dan pola pikir kader – kader PMII”. Pemateri juga mengatakan sebelum kita menerapkan nilai – nilai dasar yang ada didalam PMII kita juga harus mengenal terlebih dahulu dengan lapangan, situasi, dan apa saja yang ada didalamnya, percuma saja kita mempelajari nilai – nilai dasar kalu kita tidak mengetahui apapun mengenai kondisi lapangan.

Di dalam PMII ada 4 nilai dasar yang menjadi landasan para kadernya untuk bergerak dalam hal apapun, yakni :

Tauhid : Bentuk pengesaan kepada Tuhan yang maha esa, dengan mengaplikasikan nilai-nilai dasar pergerakan dalam kehidupan sehari – hari.

Hablun min Allah : hubungan transedental (ibadah) dengan sang pencipta

Hablun min al-Naas : karena pada halikatnya kita sebagai makhluk sosial tidak bisa hidup sendiri oleh karena itu berinteraksi dengan sesama manusia juga merupakan suatu hal yang penting.

Hablun min al-Alam : Karena kita diciptakan bukan dihamparan kosong, kita hidup bersama dengan alam semesta dan segala isinya, paling tidak kita menghargai dan mengapresiasi tempat dimana kita tinggal dengan menjaganya.

Terakhir, Sahabat Ade Syamsul Falah berpesan kepada calon kader-kader yang akan dibai’at nanti, agar “Jangan hanya memahami arti nilai secara tekstual, cobalah memahami secara kontekstual agar tidak terjebak dalam definisi-definisi. Sah-sah saja jika kader-kader PMII memiliki tafsiran tersendiri mengenai NDP”.

Muhammad Syauqi Beik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: