KOPRI, Lembaga Gerakan Perempuan

IMG_1785PmiiKomfaksyahum, Ciputat – Korps PMII Putri (KOPRI) merupakan lembaga gerakan perempuan yang dibentuk oleh PMII. KOPRI adalah badan semi otonom yang strukturnya disesuaikan dengan hirarki struktur PMII yang menangani persoalan perempuan di PMII dan isu perempuan secara umum.

Perjalanan sejarah KOPRI mengalami proses yang sangat panjang dan dinamis. KOPRI berdiri pada kongres III PMII pada tanggal 7-11 Februari 1967, di Malang, Jawa Timur dalam bentuk Dapartemen Keputrian. Musyawarah Nasional pertama KOPRI pada Kongres IV PMII di Makassar pada tanggal 25-31 April 1970. KOPRI pernah merasakan keputusan pahit ketika status KOPRI dibubarkan pada kongres XII di Medan tahun 2000, pasca kongres di Medan kader perempuan mengalami stagnasi sehingga dirumuskannya kali wadah perempuan pada tanggal 29 September 2003.

Berbagai macam kegiatan yang diadakan oleh KOPRI yaitu Ngobrol Pintar (NGOPRI), beauty class, Kopri Seni Kreatif, serta memperingati hari besar perempuan seperti Hari Ibu, Hari Kartini, ataupun hari Perempuan Sedunia. Hal ini bertujuan agar kader-kader perempuan PMII memiliki wadah dimana mereka dapat berekspresi dan menambah kreatifitas.

Dwi Kurnia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: